Menu

Optimasi Postingan Instagram Agar Menjadi Top Post

Optimasi Postingan Instagram Agar Menjadi Top Post

Optimasi Postingan Instagram Agar Menjadi Top Post


Instagram menjadi media sosial yang begitu fenomenal terutama bagi dunia bisnis / jualan. Dan untuk pengguna di Indonesia bisa dikatakan jumlahnya sangatlah besar sehingga Instagram bisa di jadikan sebagai ladang bisnis bagi penjual online atau bagi selebgram.

Nah untuk kita seorang pebisnis maka tujuan utamanya adalah produk yang di jual bisa laku sebanyak-banyaknya. Maka secara logika agar barang bisa laku maka barang tersebut bisa di ketahui oleh pengguna lain baik itu dari followers sendiri atau dari akun yang bukan menjadi followers kita. Dan dengan menggunakan hastag maka produk kita bisa menjangkau user yang buka menjadi followers kita.

Pada bahasan kali ini adalah tentang Top Post di instagram. Dalam pencarian di Instagram menggunakan hastag (#) maka akan muncul 2 halaman / baris yaitu

  • Populer / Top Post isinya postingan yang sedang ramai di bicarakan / viral / trending topik dengan nice hastag tertentu
  • Terbaru / Recent Post isinya postingan paling baru dengan hastag nice tertentu

cara-top-post-instagram

Mengapa Top Post di Instagram begitu penting ?


Top Post adalah postingan yang posisinya berada di paling atas pada pencarian Instagram.

Jika postingan produk kita berada di Top Post Instagram maka postingan kita akan jadi yang pertama di temukan oleh pengguna yang sedang mencari produk sesuai dengan produk yang kita posting dengan hastag tersebut. Dengan begitu peluang produk kita terjual menjadi lebih tinggi dari pada produk anda yang tidak di lihat oleh pengguna Instagram.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara agar postingan produk kita masuk dalam Top Post Instagram ? Berikut adalah beberapa tips agar postingan masuk dalam hastag Top Post Instagram :

Raih Engagement Rate ( Banyak Interaksi )


Engagement adalah jumlah interaksi yang di hitung dari jumlah penambahan dari like, komentar, dan tersimpan. Jadi jika foto yang kita posting dalam waktu singkat mendapatkan banyak interaksi dengan banyak like, banyak komentar maka performa postingan kita sangat bagus dan memungkinkan postingan anda masuk dalam Top Post Instagram.

Baca juga : Perbedaan Engagement / interaksi dengan tayangan, dan jangkauan

AGAR-POSTINGAN-INSTAGRAM-MASUK-TOP-POST

Untuk mendapatkan banyak interaksi / engagement memanglah tidak mudah, mungkin salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah

Perbanyak Followers

Dengan memperbanyak followers maka memungkinkan kita  mendapatkan like dan komentar dari followers anda. Semakin banyak followers semakin besar kemungkinan jumlah interaksi menjadi lebih banyak. Bisa juga gunakan jasa followers instagram aktif sebagai alternatif.

Inovasi Postingan Produk

Kita harus melakukan berbagai inovasi bagaimanakah agar postingan kita menjadi viral. Dengan menjadi viral maka memungkinkan postingan kita di share / di bagikan oleh followers sehingga bukan hanya followers kita saja yang mungkin akan berinteraksi tetapi dari berbagai user di Instagram.

Salah satu cara yang biasa kita temui adalah dengan mengadakan postingan promo dan jika ingin mendapatkan promo wajib melakukan share postingan tersebut. Bisa juga kita memikirkan cara yan lain.

mendapatkan-top-post-instagram

Mainkan hastag dengan nice yang relevan


Hastag berperan sangat penting terhadap postingan produk yang kita posting agar bisa masuk Top Post.  Namun gunakanlah hastag yang relevan atau sesuai dengan postingan kamu. Sebagai contoh adalah sebagai berkut

hastag-instagram-untuk-top-post

Pada gambar di atas adalah postingan yang muncul pada Top Post dengan pencarian #jerseyfutsal.

Jumlah yang hastag yang di buat lebih dari 4 hastag namun hastag yang di pakai semua masih berhubungan dari #kaosfutsal, #bajubola, #jerseymurah, dan semua masih dalam satu tujuan dan berkaitan dengan produk yang di posting.

Jangan anda memasang hastag yang tidak berkaitan misalkan jual jersey futsal dengan memasang hastag #jualjilbab, selain tidak tepat sasaran mesin mencari akan menganggap hal tersebut sebagai spam.

Baca juga : Cara riset hastag populer untuk kata kunci penjualan

Cara diatas merupakan optimasi yang penting yang bisa anda lakukan agar foto produk anda kedalam baris Top Post Instagram dan meningkatkan omset penjualan.

Selamat mencoba.