Cara Membangun Brand Positioning

Brand positioning atau penempatan produk adalah teknik yang bisa dipakai untuk membangun bisnis yang diidamkan.

Brand positioning sendiri adalah posisi brand yang ingin ditanamkan di benak konsumen. Misalnya, Aqua berposisi sebagai air mineral paling bermutu, dan sebagainya. Namun, diperlukan trik membangun brand positioning yang tepat agar tidak salah.

Berikut trik membangun brand positioning yang bisa Anda terapkan

Trik membangun strategi posisi merk yang pertama adalah brand positioning harus tetap konsisten dan searah. Jika posisi konsisten dan searah, terciptalah faktor emosional konsumen; yakni suatu produk yang sama menjadi berbeda di benak konsumen. Misalnya, jika suatu brand ingin diasosiasikan dengan kata “cerdas”, maka kata “cerdas” harus terus menerus dikomunikasikan ke konsumen.

Trik kedua adalah para pelaku marketing harus memiliki keseragaman cara berkomunikasi walaupun dari kanal komunikasi yang berbeda. Dengan upaya ini, mereka dapat menemukan target konsumen yang tepat. Segmentasi konsumen ini dapat memberikan dan melestarikan efektivitas dari upaya komunikasi tersebut. Ini juga dapat membantu untuk efisiensi biaya.

Trik ketiga adalah brand harus mampu membangun kepercayaan dari konsumen atau reasons to believe. Dengan kata lain, konsumen harus mendapatkan produk yang sesuai ketika suatu pesan tersebut disampaikan.